Kompetensi mahasiswa yang akan dibangun dalam mata pelajaran ini adalah mampu merancang pembelajaran kimia di pendidikan menengah sesuai kurikulum yang berlaku ; mampu mengelola pembelajaran kimia di kelas maupun di laboratorium serta merencanakan dan mengembangkan cara penilaian  (proses dan hasil belajar) mahasiswa melalui pendekatan student-centred dengan strategi cooperative learning, problem-based learning, dan project-based learning.


Mata Kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Kimia pada jenjang S1. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan pengetahuan mengenai sifat-sifat fisik dan kimia suatu materi serta menerapkan hukum-hukum termodinamika untuk menjelaskan sifat fisik, sifat kimia dan perubahan materi tersebut. Mata kuliah ini selanjutnya akan memberikan pengetahuan calon guru pada aspek pemahaman konsep kimia (content knowledge)

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang berkontribusi terhadap pencapaian kompetensi khusus pada keterampilan penunjang mahasiswa kimia/pendidikan kimia. Kompetensi yang akan dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menerapkan keterampilan bahasa inggris dalam reading, listening, writing, dan speaking terkait dengan profesi mahasiswa di bidang pendidikan kimia/kimia. Kajian materi pada pengetahuan dasar bahasa inggris akan diberikan untuk diaplikasi dalam empat keterampilan yang dibutuhkan. Mahasiswa diharapkan dalam membaca teks, mendengarkan ceramah/ materi, berdiskusi dan mempresentasikan, serta menulis karya tulis dalam  bahasa inggris dengan konteks pendidikan kimia/kimia. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi pada mahasiswa belajar aktif (student-centred learning) yakni diskusi kelompok, presentasi tugas kelompok, dan tugas individu. Penilaian menggunakan observasi (kinerja), portofolio, dan tes aplikasi bahasa inggris dalam pendidikan kimia/kimia.


Telaah Kurikulum Kimia (TKK) merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa pendidikan kimia. Kompetensi mahasiswa yang akan dibangun dalam kuliah ini adalah kemampuan menganalisis teori dan isu-isu kurikulum, menganalis kurikulum kimia, merencanakan silabus, dan menganalisis materi kimia. Isi mata kuliah ini mempelajari tentang curriculum images,teori dan isu kurikulum,  komponen-komponen silabus kimia, dan kajian materi-materi kimia SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi pada mahasiswa belajar aktif (student-centred learning) yakni diskusi informasi, diskusi kelompok, presentasi tugas kelompok, dan tugas individu. Penilaian menggunakan observasi (kinerja), portofolio, dan sumatif.